7 Cara Cepat Dapat Pekerjaan!!


Kata orang mencari pekerjaan itu di zaman sekarang, susah loh. Masa iya sih? Apalagi kondisi perekonomian yang sulit diimbangi juga dengan persaingan para pencari kerja. Alhasil, sebagai alumni kita dituntut untuk lebih kreatif dan jeli melihat potensi yang ada. Berikut kami akan bagikan 7 cara mencari tips mendapat pekerjaan dengan cepat. Bukan sulap loh ya, yuk, check this out!

  1. Gunakan Koneksi Keluarga. Yups, anda harus lebih sering datang ke acara keluarga, jangan sungkan atau malu ketika ditanya masalah pekerjaan. Jawab jujur saja, siapa tahu malah melalui mereka, anda bisa bertemu perusahaan yang mau dilamar.
  2. Gunakan Relasi Komunitas. Saat anda aktif di suatu komunitas, ini tentunya menjadi keuntungan yang sangat baik. Sebab, hal ini akan berpengaruh juga dengan bertemu dengan orang-orang yang memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda-berbeda.  Berteman dengan mereka akan menambah daftar jaringan kerja dan bisa sebagai informan dalam mencari pekerjaan.
  3. Surat Kabar. Hal ini tentunya suatu hal yang lazim untuk mencari lowongan kerja, apalagi di surat kabar tempatnya loker bersarang, artinya banyak loker yang disediakan di surat kabar.
  4. Internet. Kecanggihan internet tentunya bisa dimanfaatkan untuk mencari lowongan pekerjaan, apalagi sekarang banyak aplikasi dari google play yang mempermudah para pencari kerja, seperti hadirnya aplikasi Job Samarinda. Tentunya ini akan memudahkan para pencari kerja di wilayah Samarinda.
  5. Manfaatkan Media Sosial. Jika anda memiliki media sosial, seperti instagram, facebook dan lainnya. Ini merupakan suatu keuntungan, tentunya dengan memanfaatkan hal ini. Peluang untuk mendapatkan pekerjaan sangat terbuka lebar, karena seluruh informasi biasanya cepat menyebar melalui media sosial
  6. Pilih Kesempatan Kerja sesuai Keahlian. Jika anda memiliki keahlian khusus, ini menjadi nilai tambah anda, sehingga anda bisa mengasah dan menjadikannya peluang untuk mendapatkan pekerjaan, seperti pepatah pekerjaan yang asyik adalah hobi yang menghasilkan uang.
  7. Temui Kakak Kelas atau Alumni. Jangan sungkan berjumpa dengan kakak kelas semasa kuliah dulu, apalagi teman-teman alumni anda. siapa tahu  rezeki anda ternyata ada di tangan mereka. 

Yups, itu dia 7 cara untuk mencari pekerjaan dengan cepat. Tapi, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan, yaitu anda tetap harus profesional dalam bekerja dengan atau tanpa relasi. Tunjukkan kualitas dan loyalitas anda, sehingga perusahaan tempat anda melamar merasa beruntung memiliki anda. (lia)

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0823-5143-4599 (Melisa), 0811-5557-793 (Icha), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-5393-7484 (Anggi),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2017| UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman