Bimbingan-Teknis-Sistem-Kearsipan


UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (Perkasa) Universitas Mulawarman baru saja mangadakan kegiatan Pelatihan Bimbingan teknis Sistem Kearsipan pada Senin (27/08/2018) pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat 3 Lantai 1, Rektorat, Universitas Mulawaraman kegiatan ini diikuti oleh Staff dan Staff Magang UPT Perkasa di lingkungan Universitas Mulawarman.

Hadir dalam kegiatan ini, narasumber dari UPT. Kearsipan diantaranya Agus Sutanto M.Si sebagai pemateri awal, lalu disambung oleh Bisri Mustafa, S.Sos. sebagai pemateri teknis kedua dan perwakilan dari Kepala UPT. Perkasa diwakili oleh Madyana Dwirja Fajar S.IP Staff Admin Pengembangan Karir

Dalam sambutannya, Madyana Dwirja Fajar S.IP Staff Admin Pengembangan Karir mengucapkan banyak terima kasih kepada UPT Kearsipan karena telah mengirimkan perwakilannya untuk memberi bimbingan teknis dalam sistem pengarsipan yang baik dan benar. dengan maksud memberikan pembelajaran dan pengalaman kepada staff dan Staff magang operasional UPT Perkasa sekaligus menjadi bekal mereka dalam memasuki dunia keja.

Lalu sebagai pemateri awal disambung oleh Agus Sutanto M.Si menjelaskan teori-teori dasar mengenai arsip, definisi arsip, jenis, undang undang kearsipan dan tujuan dari arsip itu sendiri. selain itu beliau juga menyampaikan arsip sering sekali dianggap sebuah hal yang remeh dan dianggap tidak perlu, tapi kenyataan dilapangan sudah banyak kasus yang merugikan sebuah lembaga dan individu karena kehilangan arsip. Seperti contoh banyak aset-aset pemerintah yang hilang dan tidak dapat dijejak maupun ditelusuri karena pengarsipan yang buruk.  

Kemudian sebagai pemateri teknis kedua oleh Bisri Mustafa, S.Sos. dalam materinya menyampaikan dalam Sistem Pengarsipan Ada 4 pilar utama yang penting. Pertama Tata naskah dinas, kedua Klasifikasi arsip, ketiga Jadwal retensi arsip, keempat Kode Keamanan, tapi di Unmul hanya baru mempunyai 2 pilar yaitu klasifikasi arsip dan jadwal retensi arsip. beliau menyampaikan seharusnya Lembaga sebesar Unmul mempunyai tata naskah sendiri untuk mengetahui aturan dan acuan dalam mengatur berkas arsip dengan administrasi aktif, inaktif dan statis demi mencapai sistem administrasi yang sehat dan sesuai dengan peraturan undang undang pemerintah.

Dalam sesi terakhir peserta bimtek diajak untuk praktek bagaimana tindak lanjut pengarsipan menggunakan sub sub folder yang baik dan benar.

Pelatihan Kearsipan ini merupakan suatu hal yang sangat penting demi menunjang kinerja sistem semua administrasi di UPT Perkasa yang sesuai dengan peraturan perundang undangan pemerintah dan penggunaan sistem administrasi yang sehat

Terima kasih, Salam Perkasa.

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0813-4656-2426 (Fajar), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-3081-1874 (Fitri),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2018 | UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman