ICCN Summit 2019 Sukses Terselenggara di UNMUL


Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (Perkasa) dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Indonesia Career Center Network (ICCN) Summit tahun 2019. Kegiatan ini sukses terselenggara Kamis (17/10), dengan tema "Peran Pusat Karir Untuk Meningkatkan Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Yang Berkelanjutan". Agenda rutin tahunan ini dihadiri ratusan perwakilan peserta dari pusat-pusat karir perguruan tinggi se-Indonesia.

“ICCN summit ini diikuti sebanyak 128 peserta dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini sudah dimulai dari kemarin dengan agenda CCOP. Juga agenda Job Fair yang diikuti 35 perusahaan baik swasta maupun BUMN serta festival kewirausahaan  mahasiswa sebanyak 20 peserta,” ujar Ketua Panitia, Dr. Hadi Pranoto, SP. MP.

Dalam acara ini ditekankan tentang pentingnya peran Lembaga Pusat karir di Universitas yaitu sebagai pusat pelatihan bagi mahasiswa, rekruitmen kampus, pengadaan program magang, rekruitmen kampus, pameran bursa kerja, pelacakan lulusan (tracer study), dan program kewirausahaan.

“Kita perlu berkumpul untuk saling berbagi dan bertukar informasi, sehingga kita akan mendapatkan inspirasi dari pusat karir berbagai daerah. Kedepan kami berharap bisa menjembatani perusahaan nasional dalam hal merekrut para pekerja dari lulusan perguruan tinggi,” ucap Dr. Eng. Bambang Setia Budi, selaku Presiden ICCN.

“Kehadiran ICCN diharapkan mampu bersinergi dengan semua pihak. Baik pemerintah, perushaan, perguruan tinggi, agar bisa meningkatkan kapasitas dan kompetensi untuk para mahasiswa dan alumni bersaing di dunia global,” imbuhnya.

Kegiatan yang terselenggara di Ruang Serbaguna Rektorat UNMUL ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP. “Para mahasiswa ketika kuliah hanya dibekali dengan hal berbasis akademis kulikuler, sementara didunia karir lebih banyak sisi ekstrakulilernya yang dibutuhkan. Maka kehadiran karir center menjadi sangat relevan dan strategis di perguruan tinggi,” tutur Dr. Encik.

Untuk diketahui, kegiatan ini dirangkai dengan forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta panel presentasi yang diikuti 52 presenter dengan tema tracer study dan user survey, konseling karir, pelaihan softskill, manajemen pusat karir. (hms/rob)

Foto : Robby Adhitya

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0813-4656-2426 (Fajar), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-3081-1874 (Fitri),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2018 | UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman