Pengusaha Muda Mulawarman


Muhammad Fadhil - Pemilik "Kedai Mahasiswa", Sukses Merintis Bisnis Sejak Muda
Merintis usaha sejak dini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh banyak pengusaha sukses.
Muhammad Fadhil salah satunya, pengusaha muda Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Mulawarman Samarinda, memulai bisnisnya sejak kuliah.
Warung makan yang dia beri nama "Kedai Mahasiswa" ini mampu membiayai dirinya sendiri untuk kuliah di Unmul dari awal semester hingga dia berhasil lulus kuliah.

Jiwa wirausahanya muncul sejak Fadhil kuliah, seperti yang dia ceritakan bahwa saat semester 1 sampai semester 2 dia bekerja di salah satu warung makan yang berada di Jalan Antasari Samarinda.
Lanjut di semester 3 sampai semester 5, Fadhil mulai mencoba membuka usaha jasa laundry, menjual gorengan, dan jasa cuci motor.
Saat semester 6 bersama dengan temannya dia merintis usaha Tortilla Rolls hingga sekarang. 
Usaha Tortillanya ini mampu membuat Fadhil kebanjiran omset saat itu, karena makanan ini merupakan inovasi baru hasil konsep mahasiswa untuk mengubah fast food menjadi healthy food bukan junk food

Fadhil pernah mencoba membuka usaha "Cafe Rakyat" yang berada di samping Mall Plaza Mulia, usaha tersebut hanya bertahan satu tahun. Usaha angkringan di Jalan Sempaja dibukanya hanya satu bulan saja dikarenakan peralatan usaha seperti kompor, tabung gas, piring dan peralatan lain yang dia miliki hilang. Dua bulan kemudian, Fadhil membuka usaha dimana tempat usahanya tidak jauh dari usaha angkringan sebelumnya, tetapi baru satu minggu gerobak dan seisinya hilang. "Memang dalam berusaha, ada saja ujian dan cobaan yang akan kita hadapi" Ucap Fadhil. 

Saat ini usahanya semakin berkembang. Dia memiliki target pendapatan harian, mingguan dan bulanan. Pendapatan harian dia peroleh dari usaha warung makan miliknya. Pendapatan mingguan diperoleh dari proyek yang ia dapatkan. Pendapatan bulanan diperoleh dari usaha katring miliknya. Pendapatan yang diperoleh dari omset hariannya bisa mencapai 300 ribu, pendapatan mingguan bisa mencapai 2-5 juta, dan pendapatan bulanannya mencapai 25 juta rupiah.  

"Buat para mahasiswa, sekarang eranya sudah berbeda, pola pikir harus dewasa, minimal mandiri, dan kehidupan dimulai bukan setelah kita lulus tetapi saat kita pertama kuliah. Awal kuliah itu menentukan hidup kita, mau kerja apa setelah kita lulus. Kita yang bekerja atau kita yang membuka pekerjaan untuk orang lain." pesan Fadhil. 

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0813-4656-2426 (Fajar), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-3081-1874 (Fitri),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2018 | UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman