TIP dan TRICK: Terjun ke Media atau Berkarir di Bidang Lifestyle


Banyak orang yang memiliki ketertarikan untuk memulai karir di bidang media dan lifestyle. Mereka memandang bekerja di dunia media dan lifestyle memang mengasyikan dan penuh tantangan. Pasalnya, untuk mulai berkarir di media dan lifestyle tidak hanya untuk kesenangan semata, melainkan semua itu tentang mencari (exploring) dan melaporkan sebuah peristiwa yang terjadi secara detail serta akurat untuk diberikan pada publik dan juga harus niat sesuai passion-mu.

Untuk kamu yang ingin mulai berkarir di dunia media dan lifestyle ada baiknya perhatikan tips berikut.

1. Memiliki kemampuan jurnalistik

Tidak diragukan lagi, jika kamu ingin berkarir di media dan lifestyle harus memiliki kemampuan atau skill jurnalistik. Bagaimana tidak, menjadi seseorang yang berkarir di dunia tersebut dituntut untuk pandai menulis, berbicara lugas, meliput, berani, dan tekun. Selain itu, terutama untuk kamu yang memiliki skill menulis tidak hanya sebatas menulis, tapi berusaha memperjuangkan bagaimana sebuah tulisan yang dibuat bisa membuat pembacanya mendapatkan inspirasi.

2. Mencari info mengenai media dan lifestyle

Ilmu akan terus berkembang, perubahan pun akan terus terjadi setiap detiknya. Terlebih di dunia media dan lifestyle yang selalu bergerak dinamis dari satu waktu ke waktu lainnya. Untuk itu, bagi kamu yang ingin berkarir di media dan lifestyle harus selalu mencari informasi terkini dan harus siap akan perubahan yang terjadi.

3. Siap secara mental dan fisik

Memiliki ketertarikan untuk berkarir di media dan lifestyle? Kamu harus perhatikan dan siapkan dirimu secara mental dan fisik. Sebab, menjadi jurnalis harus siap setiap saat, kapanpun dan siap menghadapi situasi yang tidak terduga. Di dalam keadaan seperti itu, kesiapan fisikmu akan diuji. Belum lagi jika kamu dihadapkan dengan narasumber yang tidak mood untuk diwawancara, disitu mental akan dilatih antara kewajiban untuk menyelesaikan tugas dan tetap menjalin hubungan baik dengan narasumber.

4. Selalu update mengenai trend/issue terkini

Seorang yang ingin memulai karirnya di dunia media dan lifestyle diwajibkan untuk selalu update mengenai trend/issue yang sedang terjadi. Caranya, kamu bisa mendapatkan info dari media sosial yang ada, atau kamu bisa mencarinya melalui portal berita online yang selalu update tiap waktu, majalah, tabloid, atau tv dan radio.

5. Mencari tahu public figure yang menginspirasi

Buat kamu yang ingin berkarir di media dan lifestyle, ada baiknya untuk kamu mulai mencari tahu public figure yang berpengaruh di dunia, baik berupa kontak yang bisa dihubungi, latar belakang, prestasinya dan lain-lain. Sebab, jika kamu sudah mulai berkarir di media dan lifestyle, kamu akan dimudahkan karena sudah mengetahuinya lebih dulu.

6. Sering datang ke event yg diadakan

Datang ke event-event yang diadakan oleh media dan lifestyle sangat menolong kamu yang memiliki ketertarikan untuk mulai berkarir dibidangnya. Sebab, di setiap event yang diadakan selalu ada info yang ter-update, bahkan kamu bisa bertemu dengan public figure yang datang ke acara tersebut. Di situ juga bisa melatih keberanian kamu untuk berbicara dengan banyak orang sebelum terjun langsung ke dunia media dan lifestyle.

7. Sharing dengan orang terdekat

Sharing dengan orang terdekat mengenai berita terkini juga membantu kamu untuk memulai berkarir di media dan lifestyle. Di situ kamu bisa mendapatkan info tambahan bahkan mengenai opini masyarakat tentang kasus yang dibahas.

8. Skill komunikasi

Memiliki skill dalam berkomunikasi yang baik sangat diperlukan jika kamu ingin berkarir di media dan lifestyle. Skill komunikasi berfungsi ketika kamu bertemu dan mewawancarai narasumber terlebih jika kamu bisa membuat si narasumber merasa nyaman saat berbicara denganmu.

9. Perhatikan penampilan

Buat kamu yang ingin berkarir di media dan lifestyle, baiknya untuk mulai memperhatikan penampilanmu. Sebab, first impression seseorang bisa dinilai apakah orang tersebut professional atau tidak-nya melalui sebuah penambilan. Bahkan ketika kamu diwawancarai oleh HR dari media maupun tidak, penampilan pertama itu yang di nilai.

10. Memiliki kemampuan bahasa inggris dan lainnya

Ingin berkarir di media dan lifestyle sangat diutamakan dalam keahlian berbahasa asing, minimal bahasa inggris. Sebab, bisa saja narasumber yang kamu temui bukan hanya dari orang lokal, melainkan orang asing yang menginspirasi dan berpengaruh di dunia tertentu. Ditambah dengan dunia lifestyle yang umumnya selalu mendapatkan inspirasi dari sumber media asing.

11. Sesuai passion, jangan bayaran yang tinggi

Ingin berkarir di media dan lifestyle? Untuk pertama, jangan terlalu berharap mendapatkan gaji yang besar. Melainkan kamu bekerja di media dan lifestyle sesuai dengan passion dan menyalurkan keahlian jurnalis kamu. Sebab, jika kamu memulai awal karirmu sesuai dengan passion, tidak akan diragukan lagi jika masa depanmu akan mulai terbuka.

12. Cari link sebanyak-sebanyaknya

Mulailah dari sekarang untuk mendapatkan link sebanyak-banyakanya, sebelum kamu berkecimpung di media dan lifestyle. Untuk mendapatkan link sangat mudah, kamu bisa mulai bergabung dengan organisasi-organisasi, training terlebih dahulu untuk memperdalam skill jurnalistikmu serta berhubungan dengan orang-orang penting.

 

 

Sumber:

Fauziah Sabtuanisa | 12 TIPS MEMULAI LANGKAH BERKARIR DI MEDIA DAN LIFESTYLE | https://blog.karir.com/2016/02/18/12-tips-memulai-langkah-berkarir-di-media-lifestyle/

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0813-4656-2426 (Fajar), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-3081-1874 (Fitri),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2018 | UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman