TIP-dan-TRICK:-Bagaimana-Cara-Memperluas-Network


Mengenal kolega yang tepat dapat membantu kita mencapai tujuan karier. Itulah alasan mengapa berjejaring penting untuk para profesional. Zaman sekarang, berjejaring bisa lebih mudah karena adanya perkembangan teknologi. Kita bisa menciptakan brand pribadi di media sosial. Persona yang kita bangun di media sosial bisa menjadi langkah awal untuk mencari kerja, membangun dan mengembangkan jaringan profesional.

 

Meski Anda sudah merasa memiliki banyak kolega, namun sebaiknya tidak boleh berhenti membangun jaringan baru. Anda tetap harus berusaha untuk menambah rekan dan mitra profesional baru. Berikut lima hal yang bisa dilakukan untuk memperluas jaringan di tahun 2018 seperti disarikan dari Business News Daily dan Forbes.

 

Memaksimalkan Media Sosial

Media sosial profesional seperti LinkedIn telah mengubah cara orang berjejaring pada zaman sekarang. Banyak orang mengandalkan LinkedIn untuk mendapatkan referensi, memulai perkenalan, mendapat ulasan dan referensi. Semua hal itu akan berguna saat Anda mencari pekerjaan.

 

Untuk mengembangkan jaringan Anda di tahun 2018, mulailah memaksimalkan manfaat dari media sosial profesional. Anda bisa menambahkan orang-orang –siapa saja- yang menjadi sedang klien atau mitra kerja ke jaringan LinkedIn. Bahkan, jika Anda hanya berhubungan dengan orang itu dalam waktu singkat atau hanya untuk satu proyek.

 

Media sosial profesional juga bisa menjadi tempat untuk belajar tentang latar belakang profesional dan pendidikan seseorang. Jika berencana menghadiri pertemuan bisnis, Anda bisa memelajari latar belakang mitra kerja yang akan ditemui. Jika Anda memiliki kesamaan dengannya –misalnya berasal dari universitas yang sama-, maka Anda bisa mencairkan suasana dengan sebuah percakapan hebat.

 

Hubungan yang baru Anda mulai tak akan bertahan lama jika Anda tidak memeliharanya. Mungkin, saat bertemu dengan kolega pertama kali, Anda sudah berhasil meninggalkan kesan yang baik dengan sikap dan tutur kata yang sopan. Kemudian, rekan Anda mau menerima permintaan untuk berjejaring di media sosial. Setelah berhasil mengikat hubungan pertama, Anda juga perlu mengucapkan terima kasih melalui media sosial atau email atas pertemuan yang luar biasa. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan hubungan dengan berbagi tautan, bahan bacaan, atau bahkan kesempatan dan lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian mereka.

 

“Melebarkan Sayap”

Jangan berpikir sempit. Anda tidak boleh membatasi jaringan profesional di industri yang digeluti saja. Mulai tahun depan, Anda harus “melebarkan sayap” dengan menjangkau kalangan profesional lainnya. Saat menghadiri pertemuan bisnis, temukan orang yang memiliki kesamaan gender, masa kerja, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan lain sebagainya. Jaringan luas yang beragam akan memberi Anda lebih banyak kesempatan. Siapa tahu suatu saat nanti Anda berpikir untuk mengubah jalur karier. Anda bisa menghubungi salah seorang dari mereka untuk mendapat informasi tentang industri baru yang ingin Anda geluti.

 

Meminta Bantuan

Salah satu cara untuk tetap “terhubung” dengan kolega di jaringan Anda adalah menyapanya untuk meminta bantuan. Misalnya, jika Anda sedang mengerjakan proyek sulit dan butuh bantuan tenaga ahli di bidang lain. Anda bisa meminta seseorang di jaringan untuk mengenalkan pada tenaga profesional yang dibutuhkan. Biasanya kolega Anda akan membantu dengan senang hati, apalagi jika Anda juga pernah memberikan bantuan kepadanya.

 

Ketika bertemu dengan kenalan baru, Anda bisa mengajak kolega untuk menemani. Hal ini agar membuat Anda nyaman untuk bicara dengan orang asing yang baru dikenal. Kolega yang menghubungkan Anda dengan orang baru tersebut bisa membantu membuka percakapan hingga membicarakan tentang latar belakang kesuksesan Anda.

 

Bergabunglah dengan Organisasi Bisnis

Jika selama ini Anda hanya fokus pada pekerjaan utama, sekarang pikirkan untuk melakukan kegiatan lain di luar tugas kantor. Tahun depan, Anda harus lebih aktif agar bisa membangun hubungan dan jaringan baru. Salah satu caranya dengan bergabung dengan kelompok bisnis yang menyatukan para pemimpin bisnis dari berbagai pasar. Mungkin tugas Anda akan bertambah, selain mengurus pekerjaan, juga akan terlibat dalam berbagai kegiatan organisasi. Ini adalah latihan mental yang baik dan membantu Anda mendapatkan masukan tentang bagaimana bisnis berjalan di luar industri yang digeluti.

 

Selalu Mencari Peluang untuk Memulai Jaringan Baru

Pikirkan orang-orang yang mungkin akan membantu Anda untuk mengembangkan karier di masa mendatang. Carilah nama mereka di kartu nama atau melalui media sosial profesional. Kalau Anda menemukan momen yang pas, misalnya saat menemukan satu bacaan yang sesuai dengan bidang industri mereka, maka bagikanlah. Lakukan hal itu dengan tulus untuk membantu mereka tumbuh dalam kariernya. Kemudian, Anda bisa memulai percakapan dengannya.

Bangun pondasi jaringan yang kuat dengannya. Jangan sampai Anda hanya menghubungi seseorang jika ada perlu saja. Jangan tinggalkan kesan buruk pada kolega Anda.

 

5 HAL YANG BISA DILAKUKAN UNTUK MEMPERLUAS NETWORK | http://www.qerja.com/journal/view/10178-5-hal-yang-bisa-dilakukan-untuk-memperluas-network-di-tahun-2018/?utm_source=line&utm_medium=referral

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0813-4656-2426 (Fajar), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-3081-1874 (Fitri),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2018 | UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman