KBMI (kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia) - Pengumpulan proposal


Workshop kompetisi bisnis mahasiswa Indonesia sudah mancapai pada tahapan pengumpulan proposal setelah seminggu pembuatan proposal yang didampingi oleh dosen pembimbing. Dalam tahapan iniseluruh proposal yang telah terkumpul akan direvisi oleh tim penguji yang berkompeten dalam duniawirausaha. Dalam pelaksanaannya kompetisi bisnis mahasiswa Indonesia akan memberikan pendanaan kepada usaha yang terpilih untuk membangun usahanya yang bukanlah mudah karena yang akan berkompetisi adalah mahasiswa seluruh Indonesia yang akan diseleksi oleh pihak Direktorat Pendidikan Tinggi.

Banyak dari peserta yang memilih jenis-jenis wirausaha baru seperti peternak cacing yang kurang diminati oleh pembisnis jaman sekarang, padahal banyak dari nelayan ataupun peternak sangat membutuhkan cacing tersebut dan inilah peluang yang sangat besar bagi mereka untuk mengembangkan bisnis yang mereka punya.

Pada hari pengumpulan dan revisi proposal oleh penguji, para peserta diberikan pengetahuan tentang bisnis oleh beberapa pakar bisnis yang telah lama mempertahankan bisnisnya yaitu Ibu Andi Indrawati,SP.,MP. dan Bapak Ramadhany. Dalam penjelasannya kedua pemateri ini memberikan tis-tips dan kiat-kiat dalam mengawali bisnis, mulai daripada tahap pembentukan karakterisasi bisnis hingga ancaman-ancaman yang sekiranya akan dihadapi oleh setiap pembisnis.

“Setiap Entepreneur pasti pernah rugi, pernah jatuh karna itu yang membuat mereka sukses” ujar Ibu Andi Indrawati. “semua pengusaha itu butuh proses tidak langsung sukses. Untuk manajemen waktu yg penting adalah komitmen terhadap diri sendiri, komitmen terhadap apa yg kita kerjakan, sambil kuliah smbil berjalan karena disetiap masalah pasti ada solusi, fokus.” Tambah Ibu Andi Indrawati.

Sementara peserta mendengarkan pemateri dalam acara workshop, para penguji mengambil tempat untuk merevisi seluruh proposal yang masuk. Seluruh proposal yang masuk akan direvisi kemudian dikembalikan lagi kepada peserta untuk diperbaiki kemudian untuk dikumpulkan pada tenggat waktu yang telah ditentukan.

Setelah pengumpulan proposal kemudian proposal tersebutakan dikirim ke Dikti dan kemudian akan diseleksi untuk mendapatkan hadiah pendanaan usaha. Apa yang telah dilakukan UPT. PERKASA dalam hal ini yang memfasilitatori terselenggaranya event ini menjadi suatu langkah besar untuk mencetak generas-generasi muda yang menggemari duinia berbisnis untuk berkembang dan sukses dikemudian hari.

Jangan Sampai Nyasar Yah :v

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0823-5143-4599 (Melisa), 0811-5557-793 (Icha), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-5393-7484 (Anggi),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2017| UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman