UPT. PERKASA, Sukses Gelar Workshop Kewirausahaan


UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PERKASA) kembali menggelar Workshop Kewirausahaan bagi mahasiswa. Workshop dilaksanakan tanggal 17 Mei 2017 bertempat di Aula UPT. Perpustakaan Universitas Mulawarman. Kegiatan kali ini merupakan seri pembuka gelaran workshop-workshop kewirausahaan yang menjadi agenda Divisi Kewirausahaan pada UPT. PERKASA. Fokus materi pada workshop ini adalah berkaitan dengan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diselenggarakan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti pada tahun 2017.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. H. Encik Akhmad Syaifuddin, MP dalam pembukaannya menyampaikan bahwa Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia ini merupakan revitalisasi dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2009. Perbedaan mendasar dari penyelenggaraan kompetisi ini adalah penilaian kelayakan proposal ditentukan oleh pusat dan dikompetisikan dengan mahasiswa dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Dirjen Belmawa akan melakukan seleksi usulan proposal usaha yang masuk dan menyiapkan modal antara Rp. 10.000.000 sampai dengan Rp. 40.000.000 kepada setiap judul usaha yang dinyatakan layak didanai dengan sifat permodalan adalah hibah. Persyaratan peserta program ini adalah mahasiswa aktif yang belum melaksanakan seminar proposal tugas akhir (skripsi), berkelompok antara 3-5 orang minimal terdiri dari 2 angkatan berbeda, boleh lintas program studi, dan menyusun proposal rencana bisnis maksimal 10 halaman.

Dr. Hadi Pranoto selaku Ketua Divisi Kewirausahaan pada UPT. Perkasa melaporkan bahwa kegiatan ini tidak hanya belajar menyusun proposal penelitian secara teori, tetapi juga diikuti dengan praktek menyusun proposal. Kunci keberhasilan penyusunan proposal tergantung pada ketaatan pada panduan penyusunan

Narasumber pada workshop kewirausahaan khusus persiapan usulan Program KBMI ini adalah Dr. Hj. Andi Noor Asikin (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) dan Addy S. Hadisuwito (Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi). Dengan didampingi seluruh dosen Kelompok Fungsional, workshop ini lebih menarik karena dilanjutkan dengan sesi coaching clinic pada rancangan proposal-proposal yang sudah disusun.

Selanjutnya setiap kelompok mahasiswa akan menyempurnakan proposal setelah mendapat masukan dari dosen pendamping hingga batas akhir pengumpulan proposal adalah tanggal 24 Mei 2017 bersamaan dengan Workshop Kewirausahaan sesi berikutnya.

Kegiatan ditutup secara resmi oleh Kepala UPT. Perkasa, Uni W. Sagena, Ph.D., dan memastikan bahwa target usulan proposal Program KBMI tahun ini harus memenuhi sekurang-kurangnya 25 judul kegiatan usaha, dan diharapkan berhasil meloloskan 5 kegiatan usaha yang didanai, dan kelak ditargetkan 1 kegiatan usaha berhasil masuk ke Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan tingkat nasional. Dengan potensi yang dimiliki oleh Universitas Mulawarman, rasanya target itu menjadi sangat masuk akal dan akan tercapai.

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0823-5143-4599 (Melisa), 0811-5557-793 (Icha), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-5393-7484 (Anggi),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2017| UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman