Part 2 - Tahapan Wawancara


Tahapan wawancara merupakan tahapan ketiga yang ada dalam seleksi pekerjaan. Pada tahapan ini biasanya yang akan mewawancarai adalah HRD pihak perusahaan yang juga didampingi oleh psikolog yang akan memeriksa kesesuaian data administrasi juga hasil psikotes yang telah dilakukan.

Pewawancara juga akan melontarkan beberapa pertanyaan seputar alasan melamar kerja, bagaimana keseharian anda juga tentang perusahaan, pastikan anda menguasai biography daripada perusahaan yang anda masuki dan biasanya pewawancara juga menanyakan visi misi anda untuk perusahaan serta alasan mengapa anda pantas untuk diterima didalam perusahaan tersebut. persiapan yang anda harus lakukan adalah mengetahui do or don’ts selama proses interview.


*Tahapan Wawancara User

Dalam tahapan wawancara user pertanyaan yang diberikan tidak jauh berbeda dengan pertanyaan yang diberikan oleh wawancara HRD. Pertanyaan yang akan diajukan oleh User lebih bersifat teknis untuk mengetahui tentang keunggulan karakter pelamar dan kompetisi yang dapat dilakukan, apakah sesuai atau tidak dengan standarisasi perusahan serta posisi yang ditawarkan.

Wawancara user ini dilakukan untuk memastikan apakah pelamar siap untuk turun langsung ke lapangan. Sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan mempelajari tentang perusahaan yang akan anda apply serta mengetahui tentang pekerjaan apa saja yang akan dilakukan pada posisi yag ditawarkan. Anda harus memperhatkan sikap saat duduk dan menjawab pertanyaan pewawancara. Selain itu anda juga bisa berlatih dengan browsing serta bertanya kepada teman yang pernah mengikuti interview sebelumnya.

(End of Part 2)

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0823-5143-4599 (Melisa), 0811-5557-793 (Icha), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-5393-7484 (Anggi),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2017| UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman