SEMILOKA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN


Assalamualaikum Wr, Wb.
Salam Perkasa, Semoga kita semua diberi kesehatan oleh Allah SWT.
Pada kesempatan kali ini UPT.Perkasa kembali menghelat acara gelaran Seminar dan Lokakarya mata kuliah kewirausahaan acara tersebut diikuti oleh dosen-dosen kewirausahaan perwakilan dari setiap fakultas di Unmul. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Unmul, Senin (14/08).

Pada Kesempatan ini, Rektor Unmul yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP menyatakan bahwa agenda semiloka mata kuliah kewirausahaan ini akan menjadi pedoman kurikulum kewirausahaan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di fakultas masing- masing. “Saya berharap bahan atau modul yang dihasilkan dari semiloka ini akan menjadi kado terindah Unmul yang akan berusia ke 55 tahun,”tegasnya.

Dalam pembahasan pertama diisi oleh ibu  Asmi Citra Malina, Ph.D pemateri dari Universitas Hassanudin, yang berdiri disamping kiri pak wr3 Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP. di dalam pembahasaanya ibu Asmi Citra Malina, Ph.D menjelaskan bagaimana langkah untuk membuat dan membangun mindsate pemikiran mahasiswa agar tidak hanya lulus menjadi pegawai tapi sebagai pengusaha dan membangun kepercayaan mindsate pemikiran orang tua bahwa wirausaha adalah salah satu pliihan terbaik.

Di dalam pembahasanya ibu Asmi Citra Malina, Ph.D, juga menjelaskan bahwa matakuliah kewirausahaan lebih baik bisa diajarkan diawal disemester tiga, agar nantinya bisa dapat membentuk mindsate pemikiran dan langkah awal mahasiswa berwirausaha

Sementara narasumber sesi kedua Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd, memaparkan mengenai capaian pembelajaran lulusan dalam mata kuliah kewirausahaan yakni, menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan, menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum yang dapat berkaitan dengan bidang manajemen, mampu berwirausaha dan bekerja efektif baik individual maupun dalam tim multidisiplin atau multi budaya, mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah terkait dengan kultur, sosial dan lingkungan hutan hujan tropis.

Dalam sesi tersebut setiap dosen-dosen dibagi kelompok untuk membahas dan menetapkan bab modul kewirausahaan dan menyamakan pemikiran dalam pembuatan modul kewirausahaan.

Dari hasil rangkuman rangkuman pembahasan modul setiap kelompok akan kembali digodok dan disempurnakan oleh Tim Perkasa agar modul dari setiap aspirasi kelompok dosen-dosen dapat disatukan, dalam modul kewirausahaan.
Semoga apa yang kami usahakan bisa melahirkan pemuda dan pemudi wirausaha.
Terima Kasih. Salama Perkasa 

  • UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Gunung Kelua
  • Telp : 0823-5143-4599 (Melisa), 0811-5557-793 (Icha), 0853-4831-5686 (Rizal), 0823-5393-7484 (Anggi),
  • Email : upt.perkasa@unmul.ac.id, uptperkasaunmul@gmail.com
  • Website : http://perkasa.unmul.ac.id/
Copyright 2017| UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman