LAPORAN KEMAJUAN TRACER STUDY TAHUN 2022

Universitas Mulawarman (Unmul) merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Provinsi Kalimantan Timur dan merupakan perguruan tinggi pertama yang meraih predikat Akreditasi A (Unggul) di Pulau Kalimantan. Unmul memiliki 13 fakultas dengan 96 program studi dari jenjang Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan profesi. Setiap tahunnya, Unmul meluluskan tak kurang dari 4600 lulusan. Pada tahun 2019, Unmul mencatat rekor tertinggi lulusan yakni 5447 lulusan. Sebagai wujud evaluasi terhadap lulusan, maka Unmul berperan aktif melaksanakan tracer study melalui UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PERKASA) sejak tahun 2015.

Tracer study Universitas Mulawarman merupakan salah satu sistem informasi yang telah dipergunakan untuk melakukan pengumpulan data lulusan/alumni. Peningkatan responden alumni lulusan tahun 2020 di tracer study diupayakan terus meningkat agar menjadi tren yang positif. Pengisian kuesioner tracer study juga terus mengalami peningkatan setiap tahun menandakan bahwa pemanfaatan tracer study dalam memperoleh data alumni semakin efektif dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi yang dapat dijangkau oleh alumni melalui perangkat elektronik baik itu komputer ataupun smartphone secara online untuk mengisi tracer study. 

Dari 4576 lulusan Unmul dengan target 3549 alumni yang dihimbau untuk mengisi tracer study, Sebanyak  66,9% atau sekitar 2373 lulusan yang memberi respon (umpan balik) yang mengisi tracer study. Dalam hal pelaksanaan kegiatan tidak dipungkiri perlunya support anggaran dana yang kuat dalam melaksanakan kegiatan survey tracer study, dan juga didukung dengan pengembangan pengembangan dalam sisi aplikasi baik user interface dan system tersebut, demi memudahkan lulusan serta admin dan juga operator Fakultas dan prodi dalam mengisi dan mengolah data tracer study. 

Rencana tahapan untuk upaya 100% kembali dimulai merapatkan barisan dengan kembali 
melibatkan unit fakultas dan program studi dalam kegiatan mensurvey lulusan dengan rencana membentuk tim gugus tugas vokasi, gugus tugas akademik, gugus tugas profesi, gugus tugas pascasarjana serta gugus tugas user survey di tahun 2022. Serta pemetaan data yang didukung dengan membangun pangkalan pangkalan data grup alumni media sosial, serta berharap masih adanya program bantuan fasilitasi tracer study di tahun depan.